Buying And Selling Property

Tips Beli Rumah dengan Harga Terjangkau

Rumah adalah impian semua orang. Dalam sebuah rumah kita ingin membangun sebuah keluarga yang sejahtera. Namun membeli rumah di daerah ibukota Indonesia ini bukan perkara yang mudah, terutama untuk orang yang belum memiliki penghasilan yang cukup. Karena harga rumah yang melambung tinggi, mungkin jika penghasilan anda 7 juta per bulan jangan harap bisa mendapatkan rumah di Jakarta. Namun jika terus menyewa atau kontrak rumah, maka nilai pembayaran kontrak mungkin sudah bisa dialihkan untuk membiayai kredit rumah.

Hal inilah yang membuat semua orang selalu memikirkan dengan bijak saat akan membeli properti dijual di Jakarta. Jika belum ada biaya, mungkin bisa anda pertimbangkan untuk tinggal di rumah kontrakan atau rumah susun yang tentu saja lebih terjangkau. Namun sekarang Anda bisa lega karena ada banyak paket rumah yang dijual dengan harga terjangkau tapi lokasi rumah dijual tersebut ada di pinggiran Jakarta.  

Rumah ini biasanya ditawarkan dengan pembelian lewat paket KPR. Kredit akan disediakan oleh Bank tertentu secara khusus. Program ini bahkan mendapatkan dukungan dari pemerintah dengan proses pemberian subsidi secara berkala. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pahami untuk membeli rumah dengan harga terjangkau.

Patuhi Semua Syarat dari Bank

 Pemerintah bekerjasama dengan Bank ingin membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan harga khusus. Namun untuk mendapatkan rumah dengan harga khusus maka Anda harus mengikuti beberapa syarat yang sangat ketat. Diantaranya adalah keterangan bahwa Anda memang belum membeli rumah atau sedang akan transaksi rumah, pendapatan tetap perbulan sesuai dengan ketentuan dari bank, dan rumah yang akan Anda beli tidak bisa dipakai untuk transaksi. Artinya rumah ini akan Anda tempati sendiri, tanpa disewakan maupun diperjualbelikan lagi.
Daerah Penjualan Rumah di Jakarta:
  • Jakarta Pusat
  • Jakarta Barat
  • Jakarta Selatan
  • Jakarta Timur
  • Jakarta Utara
Tujuan dari pemberian kredit rumah murah atau rumah dengan harga terjangkau adalah untuk memeratakan penyebaran penduduk. Penduduk di kota biasanya lebih padat karena dekat dengan aktifitas pekerjaan. Namun ketika Anda ingin membeli rumah dengan harga yang khusus maka Anda tidak dapat memilih rumah dengan lokasi di daerah perkotaan dengan harga khusus telah dianalisa sesuai dengan jenis lokasi, harga tanah dan seluruh biaya pembangunan. Jadi, Anda hanya bisa mendapatkan rumah sesuai dengan program dengan lokasi yang sudah disediakan oleh pihak bank dan pemerintah.
Cara Memilih Bank
Menentukan Bank yang akan membiayai perumahan atau rumah Anda mungkin adalah langkah yang cukup sulit. Tidak semua Bank mau memberikan kemudahan atau memang tidak melakukan kontrak dengan pemerintah. Untuk itu Anda harus memilih jenis bank yang memang sudah disediakan oleh pemerintah. Berikut ini beberapa pertimbangan untuk memilih bank.
  1. Persyaratan uang muka. Semua jenis bank baik baik konvensional maupun syariah biasanya akan memberikan syarat berupa uang muka. Anda harus menghitung uang muka dengan pertimbangan angsuran dan jangka waktu kredit.
  2. Pilih jenis bunga. Memilih bunga untuk pinjaman kredit harus dilakukan dengan cermat. Biasanya bank menyediakan bunga tetap atau bunga tidak tetap. Buang tetap biasanya akan sama sepanjang waktu kredit. Sementara bunga tidak tetap nilainya mengikuti suku bunga yang ditetapkan oleh pemerintah.
  3. Pertimbangkan cicilan KPR yang harus Anda bayarkan. Menentukan jangka waktu hutang harus dilakukan dengan berbagai pertimbangkan. Anda harus melihat secara detail mengenai jumlah penghasilan yang diterima perbulan, jumlah pengeluaran, dan angsuran yang harus dibayar. Jangan sampai angsuran tidak sesuai dengan penerimaan sehingga Anda akan menghadapi kesulitan di masa depan.
Jadi, ada banyak hal yang bisa kita pikirkan untuk mendapatkan kredit rumah. Rumah memang menjadi bentuk investasi yang sangat besar. Karena itu Anda harus menilai rumah ketika masih dalam proses akan membeli maupun saat sudah transaksi.
Kalau belum cukup biaya untuk beli rumah, sudah jadi hal yang biasa untuk mencari tempat tinggal yang terjangkau, contohnya rumah susun.


Tinggal di rumah susun? Kira-kira apa yang anda pikirkan pertama kali ketika anda mendengar tentang rumah susun? Mungkin yang terlintas di pikiran anda adalah ruangnya yang sempit dan panas. Jangan hanya berfikir tentang rumah yang sempit dan berisik saja. Tinggal di rumah susun ternyata memberikan banyak keuntungan bagi anda. Salah satunya adalah lokasi yang strategis dengan pusat kota. Bila anda bekerja di tengah kota maka tinggal di rumah susun bisa menjadi salah satu alternatif tempat tinggal.

Mau tahu seperti apa keuntungannya?

Silahkan anda simak ulasan di bawah ini. Setelah itu, anda boleh saja memutuskan untuk memilih tinggal di rumah di rumah susun untuk beberapa alasan. Dan anda bisa membandingkan dengan tinggal di rumah subsidi yang lokasinya jauh dari pusat kota.

Rumah susun minimalis memiliki lokasi yang strategis.

Nah, inilah hal penting yang harus anda pertimbangkan. Memang harus dipahami bahwa rumah susun itu dibangun di tengah kota untuk menjadi alternatif tempat tinggal penduduk. Bisa anda bayangkan sendiri berapa banyak penduduk kota yang membutuhkan rumah, sedangkan harga tanah di kota itu sangat tinggi.

Rumah sederhana bisa menjadi salah satu solusi perumahan untuk rakyat.

Nah,karena lokasinya berada di tengah kota, tentu saja aksesnya akan sangat mudah sekali. Anda bisa dekat dengan kawasan perkantoran, rumah sakit,dan pasar. Tentu hal ini akan sangat berbeda dengan rumah subsidi. Bila rumah susun itu berada di tengah kota, maka rumah subsidi biasanya terletak di pinggiran kota yang aksesnya lumayan jauh dari lokasi perkantoran dan rumah sakit.

Biaya sewa rumah susun yang sangat terjangkau.



Bila anda berfikir bahwa tinggal di kota besar itu pasti mahal, silahkan anda pikirkan kembali pendapat anda.
Rumah susun memberikan alternatif yang sangat pas untuk tinggal di tengah kota dengan biaya yang sangat terjangkau. Memang kalau dibandingkan dengan apartemen, rumah susun itu sangat jauh dari kelengkapan fasilitiasnya. Namun tak mengapa bila anda ingin tinggal di kota besar dengan biaya yang sangat terjangkau, silahkan anda pilih rumah susun ini sebagai salah satu solusinya.

Lalu, apakah ada kerugian tinggal di rumah susun?

Tentu anda bertanya tentang hal itu di dalam hati. Tentu saja ada.

Rumah susun tidak memberikan anda ruang yang cukup luas.

Ukurannya pun hanya 21 meter persegi. Jadi untuk keluarga besar, rumah susun bukan lagi menjadi solusi tepat tinggal. Namun untuk kehidupan sendiri atau keluarga kecil dengan satu anak saja, bolehlah anda pikirkan untuk tinggal di rumah susun ini. Ukuran yang sempit tak jadi masalah bila anda menginginkan rumah dengan harga yang terjangkau dan dekat dengan pusat kota. Jadi yang terpenting disini adalah akses anda untuk dekat dengan area perkantoran.
Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa anda ambil bila anda tinggal di rumah minimalis susun. Memang banyak hal yang membuat anda tidak nyaman, namun bila anda menyikapi dengan bijak, ketidaknyamanan itu akan hilang.
Tinggal di tengah kota dengan harga yang murah memang tidak terlalu menjanjikan kenyamanan. Namun tak mengapa bila sewanya sangat murah dan dekat dengan kantor. Anda tak harus mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi bila anda tinggal di dekat kantor anda. Selain itu, anda juga bisa menabung karena sewanya tidak terlalu mahal. Mungkin anda bisa mendapatkan rumah yang nyaman setelah tinggal di rumah susun selama beberapa tahun dan tabungan anda sudah cukup.